1.
Latar
Belakang
Di zaman serba moneter
ini, realitanya terjadi persaingan bisnis di dunia usaha, baik usaha dalam
skala kecil, menengah atau pun skala besar. Persaingan bisnis terjadi diantara
pemilik usaha/modal. Seseorang wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya
dituntut agar ia dapat melakukan persaingan secara fair competation (persaingan
secara sehat) dan mampu mamatuhi segala kode etik yang dibuat demi terciptannya
persaingan yang sehat.
Adapun sebagian wirausahawan yang
baru memulai usaha mereka membutuhkan modal, modal itu mereka dapat dari
pinjaman di bank. Ketika seorang wirausahawan salah untuk menentukan strategi
dan mengatur keuangan usahanya maka dapat terjadi kebangkrutan.
Maka dari itu, pemakalah melakukan observasi di
sekitar lingkungannya. Supaya bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang
menyebabkan suatu usaha berkembang dan tidak berkembang (bangkrut).
2. Profile Usaha Berkembang
Bledux.net adalah satu
jenis usaha Warnet (Warung Internet) yang berkembang disekitar lingkungan saya,
tepatnya di Jl. Seha II Rt.007/010 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di Bledux.net
itu para user (pengguna) bertujuan datang kesana untuk mencari informasi data
atau berita dari internet dan ada juga yang bermain game. Biasanya yang bermain
game (gamers) adalah kalangan anak kecil.
Kenapa menurut saya usaha Bledux.net
berkembang? Karena dahulu pertama kali saya lihat mereka memulai usaha dengan
modal 8 PC komputer dan sekarang sudah berkembang menjadi 12 PC dengan tempat
yang lebih luas, dimanjakan dengan fasilitasi AC para user (pengguna) dan
monitor yang dahulu berbentuk tabung sekarang berubah menjadi flat.
Setelah saya observasi
dengan melakukan wawancara (Minggu, 14/04/2013) pemilik usaha Bledux.net yang
bernama Muhammad Rifki. Bledux.net juga memperoleh peningkatan pendapatan
sebesar Rp.500.000-Rp.600.000 dari sebelumnya. Yang semula omset/pendapatannya
sekitar Rp.2,2 juta- Rp.2,4 juta per bulan. Kini mengalami peningkatan menjadi
Rp.2,7 juta- Rp.2,8 juta per bulan, kata Rifki.
Saya pun juga bertanya
kepada kepada Rifki pemilik usaha Bledux.net, Kenapa usahanya bisa berkembang
seperti ini? Katanya Rifki, dikarenakan pengelolaan keuangan yang di manage
dengan baik, fasilitas yang aman dan nyaman untuk para pengguna warnet, tempat
yang strategis dekat dengan sekolah TK/SD Islam Al-Furqon dan lingkungan
masyarakat, ramah terhadap para pengguna warnet, harga yang tidak terlalu mahal
itulah yang membedakan warnet kami dengan yang lain.
3. Profile Usaha Tidak Berkembang
Sinar Cell adalah satu
jenis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang berhubungan dengan Jual-beli Handphone, Voucher
Handphone dan Accecoris Handphone. Sinar Cell bertempat di daerah Jl. Limo
05/010 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan tidak jauh dari rumah saya. Sinar Cell
menjual accecoris handphone seperti Baterai HP, Cassing HP, Charger HP,
Headset, Voucher Handphone dan Accecoris lainnya.
Alasan menurut saya
memilih Sinar Cell ini jenis usaha tidak berkembang (bangkrut)? Dikarenakan
yang semula ia mempunyai pelanggan (customer) yang ramai, tetapi sekarang sudah
tidak ramai lagi seperti dulu. Bahkan dahulu ia mempunyai karyawan sekitar 2
orang, sekarang menjadi berkurang hanya tinggal 1 orang.
Setelah saya observasi
dengan melakukan wawancara ke Sinar Cell tersebut (Minggu,14/04/2013) dan bertanya kepada salah satu pegawainya yang
bernama Ardi. Pendapatannya sekarang tidak menentu tergantung sepi atau
tidaknya pembeli. Pendapatan yang diperoleh pun di bulan-bulan dekat ini
kisaran Rp.1,5 juta-Rp.1,6 juta perbulan. Sedangkan dulu Sinar Cell memperoleh
pendapatan Rp.1,7 juta-Rp.1,8 juta. Jadi mengalami penurunan pendapatan sekitar
Rp.200.000, kata Ardi.
Adapun hal yang
menyebabkan usaha ini tidak berkembang adalah sudah banyaknya para pesaing yang
bermunculan, tempat yang kurang strategis, harga yang ditetapkan oleh Sinar Cell
ini lebih mahal dibandingkan dengan counter lainnya. Misal, harga IM3 5000
Reguler dijual Rp.6000, sedangkan di counter lain hanya menjual Rp.5.500. Jadi
pembeli beralih ke counter lain.
4.
Kesimpulan
Usaha dapat berkembang terjadi
karena faktor :
a) Pengelolaan
keuangan yang di manage dengan baik.
b) Memberikan
fasilitas yang aman dan nyaman untuk para konsumen.
c) Tempat
yang strategis (dekat dengan lingkungan masyarakat).
d) Biaya
yang tidak terlalu mahal dibanding para pesaing.
Usaha dapat tidak
berkembang terjadi karena faktor :a) Harga yang terlalu mahal menyebabkan konsumen beralih ke tempat lain.
b) Tempat yang kurang strategis (tidak dekat lingkungan masyarakat misalnya terlalu mengarah ke dekat jalan).
c) Tidak ada yang membedakan kualitas produk dengan
No comments:
Post a Comment